BELAJAR KODE PROGRAM DENGAN MOZILLA THIMBLE EDITOR




BELAJAR KODE PROGRAM DENGAN MOZILLA THIMBLE EDITOR
Thursday, May 31, 2012 - 16:35


Mozilla Thimble Editor


Mozilla Thimble adalah kode editor berbasis website, yang merupakan bagian dari Mozilla Webmaker Project. Thimble didesain bagi para pembuat website pemula dengan online tool yang mudah digunakan untuk membangun dan men-share halaman website.

Anda dapat mengecek Thimble di Mozilla Thimble website. Perlu diketahui bahwa Mozilla belum secara resmi meluncurkan Thimble, perusahaan ini masih dalam tahap percobaan, perbaikan dan pengetesan bug di aplikasinya.

Thimble sedikit berbeda dibandingkan kode editor online yang mungkin sudah pernah ada coba sebelumnya, lebih menekankan pada pengajaran HTML untuk pendatang baru, bukan untuk user yang lebih mahir. Thimble menawarkan side-by-side kode editor dan panel output kode yang membantu user dapat secara langsung melihat hasilnya. Tuliskan <h1> dan anda akan secara langsung dapat melihat headline. Instant feedback tersedia tidak hanya membantu untuk mendeteksi dan memperbaiki error/kesalahan, tetapi memacu bagi siapa saja yang baru memulai dimana anda dapat melihat apa yang sudah anda buat dengan tepat.

Thimble tidak ditawarkan untuk para veteran/ahli di bidang HTML, tetapi bagi siapa saja yang baru belajar menulis kode HTML - yang merupakan fokus dari proyek pembuatan website. Thimble merupakan salah satu kode editor yang paling ramah, mudah digunakan yang pernah ada.

Thimble juga dapat me-load pre-made proyek template untuk membantu user memulai dengan beberapa konten yang siap dikembangkan. Saat ini bagian featured project di halaman depan Thimble masih menunggu konten, tetapi kedepannya akan ada tutorial untuk meng-edit dan membuat tema Tumblr anda sendiri, seperti mitra Mozilla Webmaker yang lainnya.

Untuk membantu user baru memperoleh hasil dari Thimble di Mozilla website, juga disertakan fungsi publikassi secara lansgung di editor. Setelah menyelesaikan halaman Thimble anda, klik tombol "Publish" dan Thimble akan mengeluarkan dan mempublikasi halaman anda, memberi alamat URL untuk dapat dibagi kepada teman dan juga fungsi edit halaman anda apabila suatu saat ingin diubah.


sumber:
http://www.visigraphic.com/article/belajar-kode-program-dengan-mozilla-thimble-editor




Share your views...

0 Respones to "BELAJAR KODE PROGRAM DENGAN MOZILLA THIMBLE EDITOR"

 

Thesis WordPress Theme Converted by Hack Tutors | © 2010 Online TEX All Rights Reserved